Saturday, July 11, 2015

HP XW6600 Workstation Hackintosh Yosemite 10.10

Halo semuanya
sory nih baru keloatan sekarang. disibukkan oleh rutinitas kerja jadi baru sempet nulis lagi di blog ini.
:)




Anyway, saya terakir kali posting sekitar 2 tahun lalu yah. sudah gak terasa yah.
Ok dah langsung saja. kali ini saya mau sharing sedikit tentang tutorial instal ackintosh di komputer workstation. FYI, kkomputer saya yang lama (yang saya posting disini & OOB Hackintosh) sudah saya jual di forum kaskus. Biasa lah karena pengen upgrade ke komputer yang lebih layak untuk editing. Maka dari itu saya waktu itu beli komputuer workstation di kaskus merk HP XW6600.

speknya lumayan sih untuk kebutuhan editing standart

  • Processor Dual Quad Core Intel Xeon E5440 2,83 Ghz
  • Ram 8 GB DDR2 FB DIMM
  • Nvidia Quadro FX1800 768 MB DDR3
  • HDD 320 GB Sata II Hitachi
  • Realtek ALC 262
  • Sata Optical Drive
  • 600 Watt PSU 80+
  • Firewire 400



Saya beli komputer ini sekitar awal tahun 2015 di daerah duren 3 jakarta selatan.

Setelah saya beli, langsung saya download OS X Yosemite 10.10 via Mac App Store. lumayan gede sih filenya sekitar 5 Gigaan.
Saya instal pake metode Unibeast (thanks TonyMac) :). Langsung saja yah saya jabarkan cara installnya

Pre-Instalasi

  1. Siapkan USB Flashdrive kurang lebih 8 Gb. Merk apa saja bebas.
  2. Installer OS X Yosemite dari Mac App Store. Secara default, dia akan tersimpan di Application
  3. Unibeast. Download dari situs Tonymac. atau search saja di google “Download Unibeast"
  4. Setelah Unibeast, jangan lupa juga download Multibeast. Yaitu Driver yang diperlukan oleh hackintosh untuk running.
  5. OS X. ya karena membuat installer ini bukan dari windows, tapi dari Mac. Boleh dari Hackintosh, atau boleh juga dari Mac yang asli


Setelah semua perlengakapan lengkap, kita lanjut lagi

  1. Colok USB Drive ke USB Port, terus buka disk utility. Format dengan Extensi Mac OS Journaled, kemudian Apply, Tunggu sampai selesai
  2. setelah selesai buka Unibeast yang tadi kita download. double click. Klik next hingga muncul pilihan destinasi instalasi ke flashdisk, dan memilih Versi OS X. disitu ada 4 pilihan versi OS X yaitu Lion,Mountain Lion,Mavericks ,Yosemite). Pilih OS X Yosemite yah. 
  3. Setelah itu di option terakhir saya memilih “Legacy USB Support.” Saya juga kurang tau fungsi ini apa. alasan memilih karena Workstayion saya versi lama.
  4. Setelah itu pilih continue. ketik password. dan selesai. Unibeast akan mebuat installernya.

Proses pembuatan Installer relatif ya. waktu itu saya bikin Installernya sendiri memakan waktu kurang lebih 30 menit pake Komputer mac di kantor. Hehehehehhe


Instalasi

  1. Setelah selesai, colok USB yan tadi kita buat ke komputer yang mau diinstall. Setting biosnya ke Separate IDE Controller. XW6600 belom ada AHCI Disk. First Boot Ke USB Yosemite Installer.
  2. Lalu akanmuncul Bootloader dari USB. Pilih Flashdisk yang ada Installer Yosemite dengan tambahan Bootflag -v GraphicsEnabler=Yes
  3. Setelah itu masuk Desktop Installer Yosemite. Klik Continue. jangan lupa format HDD yang mau diinstall OS X dengan Extensi Mac OS Journaled dan GUID Partition Table.
  4. Setelah itu Continue dan Instalasi pun mulai berjalan. Proses Instalasi juga lumayan lama. jadi bisa ditunggu sambil ngopy atau dengan kegiatan yang laennya
  5. Setelah Proses Instalasi selesai, tetep booting dari flashdsik, tapi ketia sudah sampai pada pilihan boot, pilih Hardisk yang sudah diinstall OS X Yosemite.
  6. Jika berhasil akan masuk ke jendelan pemilihan region. saya memilih Indonesia waktu itu. ada sediki Set-up nama akun dan iCloud dan lain-lain.
  7. Setelah itu kita akan diajak masuk ke desktop utama OS X Yosemite. Kita disuguhkan dengan tampilan yang baru dari Yosemite. kental dengan Flat Design. Dock,icon Finder dll.
  8. Kemudian buka Multibeast untuk menginstal beberapa driver yang diperlukan. Untuk setingan di XW6600 saya memilih Easy Beast. Untuk Audio saya memilih Voodoo HDA versi 0.21, Bootloader menggunakan Chimaera. di tab berikutnya,customize, saya memilih GraphicsEnabler=Yes, Hibernate Mode - Deksktop, UseKernelCache, dan terakhir System Definition Menggunakan Apple Mac Pro 3,1.
  9. Setelah proses instalasi selesai,Restart


Penulis Berhasil Menginstall Hackintosh di OS X Yosemite. semuanya berjalan lancar, kecuali, iMessage dan Facetime yang tidak berhasil Log In. Menurut Sumber jika ingin menggunakan 2 fitur ini harus menggunaka Bootloader Clover. tapi buat saya sendiri, itu bukan masalah besar, Karena saya menggunakan hackintosh hanya untuk design dan editing saja. Untuk menelpon cukup pake iPhone 5 saja hehehehhe

Menurut saya HP Xw6600 ini cukup asyik digunakan di Yosemite. Speknya yang cukup tinggi membuat semua Program berjalan lancar. Bisa diupdate ke Versi OS X paling terakhir ke versi OS X 10.10.4.

UPDATE TERAKHIR

Waktu itu saya lagi dapet banyak kerjaa sampingan. jadi waktu sedikit upgrade beberapa Part Komputer seperti HDD WDC Purpler 1 TB, EVGA GeForce GTX 680 2 Gb DDR5, dan Monitor LG 25 Inch Ultrawide 21:9. dengan HDMI video Outputnya. Kemudian ada penyesuaian Driver audio. dimana sebelumnya saya memakai Voodoo HDA versi 0.21, saya update menjadi versi 2.8.7. Dikarenakan Hackintosh mendeteksi Audio HDMI Out dari GTX 680.

About This Mac
LG 25UM57-P
Hard Drive Info
8 GB Ram DDR2
EVGA GTX 680 2GB DDR5

LG 25UM57-P
Monitor LG


Sekian Tutorial saya. Sekian dan Terima Kasih yah
:)

2 comments:

Anonymous said...

Thanks gan, artiklenya sangat membantu. Btw, kalau untuk lancardnya gmn ya gan.
Punya ane gak kedetek

Ari Bali said...

punya saya kedetect kok om.. BCM5722D yah kalo gak salah.. googling aja om..saya dilu dpt di Situs insanelymac.com