Sunday, July 12, 2015

EVGA GTX 680 Work OOB!!

Akhir bulan juni lalu saya lagi ada rezeki yang cukup untuk membeli sebuah vga. sempet bingung juga, apakah harus membeli NVIDIA atau ATI Radeon. setelah saya pertimbangankan baik-baik dan matang-matang, saya memutuskan untuk membeli EVGA GTX 680 2 GB DDR5.
http://eu.evga.com/products/moreInfo.asp?pn=02G-P4-2682-KR&family=GeForce%20600%20Series%20Family&uc=EUR

EVGA GTX 680
Performance

NVIDIA GTX 680
1536 CUDA Cores
1058 MHz GPU
1124MHz Boost Clock

Memory
2048 MB, 256 bit GDDR5
6208 MHz (effective)
198.66 GB/s Memory Bandwidth
Interface
PCI-E 3.0 16x
DVI-I, DVI-D, HDMI, Display-Port
SLI Capable
Resolution & Refresh
240Hz Max Refresh Rate
2048x1536 Max Analog
2560x1600 (Dual Link DVI Only) Max Digital
- via eu.evga.com

lumayan mahal sih harganya. Diatas 5 jt dibawah 7 jt. Langsung saja VGA itu saya pasang untuk mengganti Quadro FX 1800.

EVGA GTX 680 SC

tidak perlu banyak setting. ketika sampe di Bootloader, saya cukup mengetik “GraphicsEnabler=No” (karena settingan saya sebelumnya adalah “GraphicsEnabler=Yes" untuk Nvidia Quadro FX 1800.)

setelah mengetik itu saya langsung masuk ke desktop utama mac. Mengganti GraphicsEnabler=No dll.

kemudian sedikit update Driver dari NVIDIA. dan CUDA juga saya update.

pada VGA ini saya hanya mencoba HDMI saja. karena Monitor saya hanya menyediakan Port HDMI saja 2 buah. tidak ada DVI,Display Port, atau bahkan D-Sub.

Sebagai pertimbangan saja ntuk para pembaca, jika ingin membeli sebuah VGA di Hackintosh atau Mac. Sebenarnya menurut saya VGA yang bagus untuk di Mac/Hackintosh adalah ATI Radeon. Karena sebagian besar software Apple (FCP X, Motion dll) adalah Open CL bukan CUDA. jadi sangat sayang Cuda Cores pada Nvidia jika tidak bisa dioptimalkan dengan baik. Mungkin Cuda Cores itu akan berguna jika menggunakan software bawaan Adobe (Premiere Pro & After Effect).

Semoga Bermanfaat