Friday, January 18, 2013

Menambahkan Spell Check Bahasa Indonesia di OS X


Spell Check atau pemeriksa ejaan sangat dibutuhkan ketika sedang mengetik. Tapi sayang sekali Apple tidak menyediakan Spell Check untuk Bahasa Indonesia. tapi kita bisa menambahkannya sendiri. Dan caranya pun sangat mudah.

Pada tutorial ini penulis mencoba pada OS X 10.7 Lion. Mungkin bisa juga di Leopard,Snow Leopard, dan Mountain Lion.

Dapatkan Database kamus bahasa Indonesia.
Spell Check sebenarnya gratis. Tempat yang bagus untuk mengambil spell bahasa indonesia ada di proyek extension bahasa di OpenOffice. Download kamus bahasa indonesia dari situ. ubahlah akhiran namanya menjadi .oxt ke .zip. Extract file .zip tadi. cari file yang id.aff dan id.dic.

Buat OS X Mengenali bahasa Indonesia
Agar OS X mengenali bahasa Indonesia, pindahkan ke folder ~/Library/Spelling. Karena folder library Lion OS X di sembunyikan, gunakanlah fitur "Go To Folder" di Finder. atau tekan cmd+shift+G lalu ketik ~/Library/Spelling. Tanda ! melambangkan Home folder kamu. Setelah file id.aff dan id. dic sudah dipindahkan, lanjut ke tahap berikutnya.



Aktifkan spell check bahasa indonesia
Buka System Preferences lalu pilih Language And Text, buka Tab Language. Tambahkan bahasa indonesia dengan klik tombol edit list dan aktifkan bahasa yang ada dalam daftar pop up daftar bahasa. Kemudian buka Tab Text. Di sinilah kamu bisa mengubah bahasa Indonesia. Klik Dropdown spelling dan ubah ke bahasa indonesia.. yang dilakukan disini adalah memaksa OS X Lion untuk menggunakan spell check bahasa indonesia tanpa memperdulikan urutan bahasa di Tab Language.



Untuk menggunakannya, anda harus Log Out terlebih dahulu. Spell Check dari dari OpenOffice belumlah sempurna. Masih banyak kata-kata baru yang mungkin tidak anda kenali. Dengan menggunakan kata-kata baru akan mempermudah tulisan selanjutnya.


No comments: