Saturday, December 24, 2011

Instal Hackintosh 10.5.2 Kalyway


Kali ini saya akan membagi hasil pengalaman saya menginstal Hackintosh di PC.Bagi teman-teman yang tidak mampu untuk membeli Real Mac,jangan khawatir karena di sini saya memposting beberapa pengalaman saya "jatuh-bangun" menginstal Mac di PC biasa
(sejak postingan ini ditulis,penulis sudah menginstal Mac OS X 10.7.2 Lion..Tutorial harap ditunggu ya)

Langkah Pertama
Untuk mengistal Mac di PC bajakan bisa dibilang gampang-gampang susah.untuk itu kita harus tahu terlebih dahulu apakah hardware-hardware PC kita kompatibel dengan Mac.saya merekomendasi sebuah situs OSX 86 Project. di situs ini terdapat list hardware yang kompatibel dengan Hackintosh(Motherboard,VGA Card,Soundcard,Lan Card dll).
Hardware yang saya gunakan waktu menginstal Mac

  1. Motherboard Asus P5LD2-X/1333
  2. Processor Intel Core 2 Duo E6550 2.33 Ghz
  3. Ram Patriot 4 GB 1066 Mhz
  4. VGA Nvidia GeForce Zotac 9600 GT Synergy Edition 512 MB GDDR3
  5. Hardisk 320 GB Western Digital Sata 2
  6. DVD RW Samsung IDE


Langkah Kedua
setelah kita tahu minimun Requirement Leopard,dan hardware kita  kompatibel dengan Mac OS X saatnya kita memilih distro yang pas dan sesuai dengan hardware kita.ada banyak distro hackintosh di luar sana sperti Kalyway,iAtkos,iDeneb,ToH dll.di sini saya menggunakan distro Kalyway 10.5.2.(Menurut  OSX 86 Project,seharusnya 10.5.1.tapi karena suatu hal Leopard gagal masuk ke desktop)

Langkah Ketiga
Sama Seperti kita menginstal Ulang Windows,kita harus setting first boot ke CD.(saya berasumsi para pembaca sudah bisa menginstal Ulang Komputer)
jika sudah berhasil masuk ke dalam CD,ketik -v(verbose Mode).Tunggu dan biarkan proses berjalan.setelah berhasil,nanti akan masuk ke Mac OS X Installer.Pilih bahasa Inggris saja(jika mau pilih yang lain itu terserah anda).setelah itu akan muncul window seperti ini:
Kalyway 10.5.2 Courtessy 3rr0rists.net
setelah itu klik Continue.akan muncul EULA(End User License Agreement) klik OK.di menu bar di atas pilih Utilities -> Disk Utility Lalu pilih partisi kosong dimana Leopard akan diinstal.Partisi harus meiliki Format HFS+.Penulis sengaja memilih Partisi yang sudah di instal Windows.(pada waktu itu saya belom tau bagaimana caranya membuat dual boot).Pilih partisi yang mau di instal klik Tab Erase,lalu klik erase.jangan lupa untuk menggantinya dengan HFS+ dan nama partisi.lalu Quit Disk Utility

kembali ke Mac OS Installer,pilih partisi yang telah diformat tadi.setelah itu jangan langsung diinstal!!!klik Customise di kiri bawah. DISINILAH PROSES PALING PENTING.KARENA KEBERHASILAN INSTALASI HACKINTOSH TERGANTUNG DARI DRIVER APA YANG KITA CHECK LIST DI SINI.
Courtesy Insanelymac.com


  • Saat saya menginstal ini,saya tidak mencheklist Additional Fonts Dan Language Translation.Soalnya menurut saya ini tidak terlalu penting.tapi klo menurut teman-teman penting,lebih baik biarkan apa adanya saja.
  • Distro ini menyediakan beberapa Kernel(Kernel_9.2_sleep,kernel_9.2_speedstep,kernel_9.2.2_kabyl,kernel_922_modbin,kernel_92_nforce,kernel_vanilla_922.) saat dicoba komputer saya kompatibel dengan semua kernel,kecuali kernel bawaan Apple yaitu Vanilla Kernel.saya membiarkan kernel secara defaul saja.
  • Pada option Graphic driver,saya tidak men checklist,dikarenakan driver VGA saya belom ada pada waktu itu.
  • Audio Driver says menggunakan Default bawaan Kalyway.
  • Sama Halnya pada Graphic Driver,pada Option Network Driver,saya membiarkannya secara default saja,karena Merk Ethernet saya tidak ada di Option ini.
  • Mobo Chipset saya biarkan secara deafult.di Checklist semua
  • Third Application juga saya biarkan saja
  • SSE2_Jas 1048 ACPI_APIC tidak saya checklist,karena patche ini digunakan jika kita menggunakan Processor Lama(pentium 4)
  • pada Option Patches saya juga membiarkannya default bawaan kalyway saja.
  • Option AMD 10.5.2 Patches tidak saya checklist,karena saya Menggunakan Processor Intel.
jika sudah klik OK dan klik INSTAL!!!
Proses Instalasi Di Komputer saya memakan waktu +/- sekitar 20 menit.setelah proses instalasi selesai,restart komputer dan berdoalah semoga komputer anda berhasil masuk ke desktop Mac
Setalah di Restart dan Ternyata BERHASIL!!!!! Komputer saya berhasil di instal Mac OS X Leopard 10.5.2

Langkah ke 4
Setelah Prose instalasi berhasil kita diharuskan mengisi biodata tentang diri kita(Nama,alamat,nomer telpon,alamat email,zona waktu,pekerjaan,dll) jika komputer kita sudah konek dengan internet kita bisa langsung meregister hackintosh kita ke Apple.

setelah proses pengisian data diri kita selesai kita akan dibawa ke desktop Mac yang sangat keren.setealh berhasil masuk desktop ane instal beberapa kext yang belom ada seperti ethermet dan vga. Ethernet Motherboard saya menggunakan Atheros L2.Kext saya donlot di indowebster.com.
Untuk VGA Mac 10.5.2 harus di update terlebih dahulu sampai ke versi 10.5.6.Karena pada waktu itu driver VGA saya belom ada.Alhasil Resolusi komputer saya stack di 1024x768, Yang seharusnya 1366x768(native Resolution)

Cukup sekian sudah Ritual menginstal Hackintosh di PC.Postingan selanjutnya adalah bagaimana cara mengupdate ke 10.5.3.
Semoga Bermanfaat
:)

Link Rujukan:
OSX86 Project
Kaskus Forum Macintosh
Forum Insanelymac.com


 

No comments: